Pantai Pandawa Surga Wisata Berpasir Putih di Bali

Category : Wisata Alam
Pantai Pandawa Surga Wisata Berpasir Putih di Baliby adminon.Pantai Pandawa Surga Wisata Berpasir Putih di BaliPantai Pandawa Surga Wisata Berpasir Putih di Bali Pantai Pandawa Bali merupakan salah satu kawasan objek wisata yang dikenal oleh warga sekitar dengan sebutan Pantai Kutuh dan terkadang juga disebut sebagai secret beach atau pantai rahasia oleh wisatawan mancanegara karena letaknya berada dibelakang tebing. Sebutan secret beach memang tepat karena saat anda menyambangi pantai ini […]

Pantai Pandawa Surga Wisata Berpasir Putih di Bali

Pantai Pandawa Bali merupakan salah satu kawasan objek wisata yang dikenal oleh warga sekitar dengan sebutan Pantai Kutuh dan terkadang juga disebut sebagai secret beach atau pantai rahasia oleh wisatawan mancanegara karena letaknya berada dibelakang tebing. Sebutan secret beach memang tepat karena saat anda menyambangi pantai ini akses jalan yang dilewati cukup unik dan terlihat megah karena jalannya diapit dengan tebing-tebing yang tinggi.

Pantai Pandawa secret beach pandawa bali - lintas kota

Pantai Pandawa Surga Wisata Berpasir Putih di Bali – Sumber gambar: sindonews.net

Pantai Pandawa berada di Kabupaten Badung, Bali. Untuk menuju lokasi dari airport Ngurah Rai Bali akan menempuh waktu perjalanan satu jam dengan jarak 18 kilometer. Perjalanan dari Kuta menuju Garuda Wisnu Kencana kemudian belok kiri menuju Nusa Dua atau Bali Cliff, setelah itu Anda hanya perlu memperhatikan penunjuk arah bertuliskan “Pantai Pandawa” dan mengikuti jalurnya sampai tiba dikawasan Pantai. Disekitar pantai ini terdapat dua tebing yang sangat besar dan pada salah satu sisinya dipahat patung Pandawa lima dan Dewi Kunti.

Baca juga : Pantai Pulau Merah surganya para peselancar dunia

Patung-patung tokoh pewayangan pandawa lima tersebut yaitu Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa. Kelima patung tersebut dapat kita lihat saat memasuki kawasan Pantai Pandawa yang dipasang secara berjejer kelima patung-patung tersebut secara berurutan didalam tebing-tebing. Bukan tanpa sebab ditempatkan patung pandawa lima didalam tebing, sesuai dengan penggalan kisah mahabarata saat kelima pendawa ini dikurung dalam goa gala-gala, kelima pandawa berhasil selamat setelah mereka membuat sebuah terowongan yang berujung disebuah hutan belantara kemudian keluarga pandawa mendirikan kerajaan Amertha. Cerita inilah yang menjadi inspirasi bagi masyarakat sekitar pantai pandawa. Mereka melambangkan filosofi dari keberadaan pantai pandawa yang dulunya tersembunyi di balik tebing, hingga akhirnya dibuatkan jalan sehingga kini pantai pandawa ini bisa memberi manfaat dan seolah menjadi kerajaan baru bagi masyarakat sekitar.

Hal menarik yang bisa Anda dapatkan di Pantai Pandawa adalah pesona pantainya yang indah dan tidak diragukan lagi, suara deru air ombak disertai dengan hamparan pasir putih yang mempesona menjadikan pantai ini layak dijadikan menjadi tempat liburan Anda bersama keluarga. Masyarakat desa Kutuh mayoritas sebagai petani rumput laut sehingga disepanjang pantai para wisatawan dapat melihat petani rumput laut yang sedang melakukan aktifitasnya. Sejak tahun 1980 pantai Pandawa dijadikan sebagai tempat untuk membudidayakan rumput laut, bahkan kegiatan budidaya tersebut telah menjalin mitra dengan beberapa negara seperti Amerika dan Denmark. Bagi wisatawan yang tertarik dengan budidaya rumput laut bisa juga belajar dari para petani rumput laut desa Kutuh yang telah berpengalaman dalam membudidayakan rumput laut sehingga perjalanan wisata Anda mendapat banyak manfaat selain bisa refreshing juga mendapat ilmu budidaya rumput laut.

Related Posts

Leave a Reply